Memilih Ceruk Pasar

  • 0

Memilih Ceruk Pasar

Bicara tentang usaha, maka akan menyinggung tentang pasar yang menjadi sasaran usaha. Dalam bahasa Inggris, pasar disebut dengan market yang bermakna suatu arena di mana transaksi komersial dilakukan atau sebuah pertemuan antar orang untuk melakukan pembelian dan penjualan berbagai komoditas.

Kemajuan usaha ditentukan dari kemampuan pengusaha menentukan ceruk pasar yang memerlukan jasa atau barang yang diproduksi serta lingkungan kompetisi yang harus dihadapi. Memahami pasar bermanfaat untuk dapat melakukan perencanaan sehingga jasa atau produk yang dibuat memenuhi permintaan pasar dan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki produk lain dengan karakter yang sama.

Memilih dan menentukan ceruk pasar dan jenis konsumen juga membantu menentukan strategi perusahaan, salah satunya terkait media promosi yang akan digunakan. Dengan begitu, perusahaan juga dapat memprioritaskan penyaluran modal ke pasar potensial yang dapat membawa menguntungkan lebih besar.

Penentuan pasar akan membantu pengusaha untuk terus mencari kebutuhan konsumen dan memperluas wawasan untuk menanggapi karakter klien yang berbeda. Bagi pengusaha baru, kadang proses pemilihan dan penentuan dilakukan sambil menjalankan usaha dan mengembangkan kepekaan terhadap kebutuhan klien yang sudah ada dan klien potensial.


Leave a Reply