Memadatkan berkas audio menjadi kecil dan ringkas

  • -

Memadatkan berkas audio menjadi kecil dan ringkas

Berkas audio biasanya berukuran besar, baik itu format mp3, wav, atau wma. Biasanya pelanggan kesulitan untuk mengirimkan berkas rekaman audio ke kami di Transcriptdoc. Biasanya saya menggunakan program bernama Audacity bersama dengan Lame untuk membagi berkas menjadi dua kemudian memadatkannya (compress) sehingga ukuran menjadi kecil dan dapat dikirim melalui email. Apalagi batas pengiriman file melalui gmail adalah 25 MB. Jika kapasitas lebih dari itu maka sebaiknya menggunakan fasilitas cloud computing atau file storage yang dapat diperoleh gratis dengan mendaftar.

Transcriptdoc menggunakan fasilitas dari Dropbox dengan kapasitas penyimpanan 3,5 GB. Pelanggan dapat mengunggah berkas mereka yang berukuran besar melalui website ini dan nantinya berkas tersebut akan masuk dalam folder kami.

Bagi pelanggan yang ingin membagi berkas menjadi beberapa bagian sehingga mudah dikirim via email, silakan mengikuti tutorial berikut.

Langkah pertama adalah memasang program Audacity di komputer. Audacity, Lame dan sebagian besar program lain yang digunakan oleh Transcriptdoc merupakan program open source. Artinya, program tersedia multi platform di OS berbasis linux seperti Ubuntu atau Mac OS X atau Microsoft Windows. Selain multi platform, program open source berlisensi terbuka sehingga bebas digunakan, dikembangkan, dan didistribusikan.

Ubuntu: Menu > System > Administration > Synaptic package manager > pilih Audacity. Mac OS X dan Windows: http://audacity.sourceforge.net/ atau klik kanan SAVE LINK AS http://audacity.googlecode.com/files/audacity-win-unicode-1.3.13.exe. Selain program, perlu juga dipasang beberapa plugins dan libraries yang dapat diunduh dari halaman http://audacity.sourceforge.net/download/beta_windows

Sebagai contoh, saya ingin memotong berkas yang berukuran 61,4 MB dengan durasi 1 jam 7 menit menjadi 2 file. Buka Audacity kemudian File > Open > pilih berkas yang ingin diolah. Setelah terbuka, posisikan kursor di akhir rekaman lalu tekan tombol kiri mouse sambil menggeser kursor ke posisi yang diinginkan lalu lepaskan tombol kiri. Pada contoh ini saya memotong file sampai ke menit 30.

Kemudian Edit > Split Delete sehingga hanya tersisa rekaman 30 menit pertama.

Hasil split delete terlihat seperti di bawah.

Lanjutkan dengan File > Export Selection > pilih format/ekstensi berkas yang diinginkan, misalnya dalam kasus ini diekspor menjadi MP3. Tunggu sampai proses ekspor selesai.

Ukuran file menjadi berkurang menjadi hampir setengah dari sebelumnya. Namun ukuran itu masih sangat besar dan tidak dapat dikirim melalui email. Untuk memadatkannya pasang dulu program LAME.

Untuk Ubuntu, Fedora dan turunannya: Menu > System > Administration > Synaptic package manager > pilih Lame.

Untuk Windows dan Mac OS, silakan ikuti petunjuk di halaman ini http://audacity.sourceforge.net/help/faq?s=install&item=lame-mp3 sebelum mengunduh program di http://lame.buanzo.com.ar/. Program Lame ini sebaiknya dipasang di c:\windows\system32.

Setelah Lame terpasang dengan benar, maka kita bisa masuk ke folder/direktori berkas yang ingin dipadatkan dengan cara klik kanan lalu pilih “Open in Terminal”.

Kemudian ketik perintah dengan format berikut: $ lame -b 32 nama_file.mp3 output.mp3

catatan: nama file tidak boleh ada spasi dan tulisan mp3 harus dalam huruf kecil. Angka 32 adalah bitrate yang dapat diganti sesuai dengan keinginan. Semakin kecil bitrate, semakin kecil juga ukuran berkas audio yang dihasilkan dan akan berdampak pada kualitas suara. Standar bit rate MPEG-1 Audio Layer III adalah 32, 40, 48, 56, 64, 80, 96, 112, 128, 160, 192, 224, 256 and 320 kbit/s.

Tunggu sampai proses pemadatan selesai. Sekarang periksa kembali berapa ukuran berkas hasil pemadatan. Sebelum dipotong, berkas berukuran 61,4 MB. Setelah dipotong/kecilkan menjadi dua maka satu berkas berukuran 27, 4 MB. Setelah dipadatkan dengan Lame, ukuran itu kemudian menjadi 6,9 MB.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/MP3#Bit_rate