Tips Menghasilkan Rekaman Suara Jernih

  • -

Tips Menghasilkan Rekaman Suara Jernih

Untuk menghasilkan rekaman suara dengan kualitas jernih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Gunakan mikrofon yang berkualitas baik.

Mikrofon yang baik akan menghasilkan kualitas audio yang baik. Bukan berarti mikrofon murah tidak dapat digunakan, namun kualitas yang dihasilkan pasti akan berbeda. Mikrofon biasa dapat merekam suara atau audio dengan baik, tapi jenis mikrofon tertentu yang lebih mahal biasanya dilengkapi dengan fitur peredam noise/bunyi latar, fitur memadatkan ukuran rekaman, daya tangkap mikrofon lebih luas, dan awet untuk dipakai berkali-kali. Biasanya mikrofon menjadi satu dengan alat perekam. Namun jika diperlukan, bisa membeli mikrofon eksternal/tambahan. Jika ingin merekam narasi satu orang, maka sebaiknya menggunakan unidirectional mikrofon yang dapat menangkap suara dari satu orang sehingga tidak terlalu terganggu dengan suara latar/noise.

Merekam di ruangan yang terkontrol.

Sebaiknya melakukan percakapakan/diskusi terekam di sebuah ruangan seperti studio yang didesain dapat meredam suara echo dan mengurangi suara latar. Dengan begitu hasil rekaman akan terdengar dengan jelas saat diulang atau jika ingin melakukan transkrip.

Mengurangi suara/bunyi latar yang mengganggu.

Gunakan tanda “Jangan Berisik” atau “Ada Pertemuan” sehingga orang-orang di sekitar kita dapat meredam suara mereka dan tidak mengganggu proses rekaman suara. Letakkan alat perekam jauh dari komputer desktop, kipas angin, HP atau alat apapun yang mengeluarkan suara bising. Jika perlu, matikan kipas angin atau alat-alat tersebut jika tidak digunakan. Letakkan mikrofon di tempat yang aman dan dapat menangkap suara dengan jelas.To produce a sound recording with clear quality, there are several things to note.