Jasa transkripsi untuk apa dan siapa

  • -

Jasa transkripsi untuk apa dan siapa

Memperkerjakan beberapa staf purna waktu di suatu tempat kadang sangat membebani bagian HRD dan pengeluaran lembaga atau perusahaan. Terutama jika kita melakukan usaha sendiri dan merangkap sebagai staf dan direktur sekaligus. Tidak ada seorang pun yang dapat menguasai berbagai keterampilan maka ada baiknya untuk mendelegasikan beberapa pekerjaan ke orang atau lembaga lain. Salah satu jenis pekerjaan yang bisa didelegasikan atau di-outsourcing-kan adalah melakukan transkrip, penerjemahan dan manajemen arsip.

Bahkan sebagian orang menganggap melakukan transkrip dianggap kurang penting, monoton, dan dianggap minim kreativitas. Jenis pekerjaan ini biasanya tidak banyak disukai karena membosankan, kurang menantang, dan hasilnya kadang kurang memuaskan. Namun, dalam persaingan usaha yang ketat, efisiensi dalam mengelola informasi adalah kunci yang terpenting. Salah satu mata rantai dalam proses mengelola informasi adalah mentranskrip rapat, diskusi, wawancara yang dianggap penting bagi pengembangan kualitas produk atau jasa.

Masih banyak orang yang tidak memahami jasa transkripsi. Secara sederhana, transkripsi adalah konversi bentuk dari ucapan ke teks baik itu sumbernya video atau rekaman audio digital. Lalu untuk apa ucapan atau hasil diskusi dibuat dalam bentuk teks? Hasil transkripsi bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya dokumentasi proses suatu kegiatan, sebagai pengingat (reminder) terhadap beberapa poin penting dari suatu diskusi, dan sebagai arsip dari sebuah kesepakatan atau korespondensi.

Khusus untuk transkripsi hukum, merupakan pencatatan proses sidang, korespondensi atau catatan dari pertemuan seperti arbitrase, kasus pengadilan dan catatan hukum. Sementara bagi pelaku riset pasar atau diskusi kelompok terfokus, transkripsi merupakan kegiatan mendokumentasikan pendapat dari sekelompok orang yang meninjau (mereview) sebuah produk atau jasa. Kemudian transkripsi di bidang medis digunakan untuk menyimpan catatan kemajuan pasien, arahan, surat-menyurat, kasus asuransi dan riwayat kesehatan.

Jadi jangan anggap remeh transkripsi sebagai sebuah produk dan bagian dari manajemen informasi perusahaan. Jika anda percaya bahwa informasi adalah kekuatan maka perkuatlah usaha anda dengan mengelola informasi secara baik dan profesional.