Cara Merekam Suara di Komputer Dengan Audacity

  • -

Cara Merekam Suara di Komputer Dengan Audacity

Sebelum kita membahas tentang cara merekam file suara menggunakan Audacity atau cara merekam suara di Komputer, alangkah baiknya kita mengenal apa itu audacity. Audacity adalah software multimedia yang digunakan untuk keperluan editing audio. Software ini sangat bagus bagi anda yang hobi mengotak-atik file audio. Contohnya untuk merekam suara, menggabungkan beberapa lagu menjadi satu lagu, dan lain sebagainya. Software ini juga bisa digunakan untuk keperluan mentranskrip.

Setelah anda mengenal tentang audacity, sekarang kita masuk ke topik pembahasan, yaitu cara merekam file suara dengan audacity untuk mempermudah proses transkrip. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.  Configure headset untuk recording.
Masukkan kabel headset pada konektor audio di sisi belakang PC. Masuk Control Panel > Sound & Audio Device > pilih Voice > Pada Voice Recording klik Tombol Volume, kemudian pada layar Recording Control, aktifkan select di bagian microphone.
2.  Setelah settingan headset selesai, sekarang kita pindah ke audacity
a. Bukalah audacity anda
b. Pada display Audacity, perhatikan di sebelah atas tengah, ada tulisan Microphone.
c. Klik File > pilih Preferences > Menu Audio I/O > di bagian Recording > Channels : pilih 1 Mono.
d. Masih di dalam menu Preferences > File Formats > Uncompressed Export Format > pilih WAV (Microsoft 8 bit PCM).
e. Kemudian, masih di menu Preferences > Quality > Default Sample Rate : pilih 8000 Hz > Default Sample Format : pilih 16-bit  > Ok
f. Setelah configurasi diatas selesai, kemudian anda kembali ke tampilan Audacity > Project Rate (lihat dibagian kiri bawah) > pilih 8000.
g. Memilih format waktu perekaman. Klik View > pilih Set Selection Format > pilih hr:mn:sec.
h. Lakukan proses perekaman melalui microphone di headset, dengan menekan tombol lingkaran merah yang ada di display Audacity. Jika sudah selesai, klik abu abu.
i. Dan akhirnya setelah semua selesai, kita akan menyimpan file tersebut. Cara menyimpan file hasil rekaman. Klik File > pilih Export as WAV > letakkan di directory yang diinginkan > beri nama file.
j. Bentuk sinyal suara yang direkam seperti ditunjukkan pada gambar di bawah (jika hanya berupa garis lurus, maka proses perekaman belum berhasil).
Sumber: http://www.rezkyutama.com/2012/08/merekam-suara-di-komputer-audacity.html