Kekuatan sebuah transkrip

  • -

Kekuatan sebuah transkrip

Transkrip audio adalah alih bentuk ucapan ke dalam tulisan. Seorang transkriptor adalah orang yang bertanggung jawab melakukan kerja tersebut. Secara spesifik, transkriptor harus mendengarkan audio, ucapan yang dikatakan, mengenali setiap kata atau istilah, dan menuliskannya. Ada kalanya seorang klien meminta transkriptor memperbaiki kesalahan tata bahasa. Namun seringkali, klien memilih ucapan yang terekam ditranskrip apa adanya karena dia memerlukan ucapan asli dari pembicara. Besar kemungkinan klien yang lebih tahu mengenai konteks dan maksud dari ucapan pembicara.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya. Kenapa tidak mendengarkan rekaman secara langsung dan menyimpulkannya? Bukankah lebih cepat? Apa perbedaan dari mendengarkan rekaman dengan membaca transkrip rekaman?

Di sinilah letak kekuatan sebuah transkrip. Penerima manfaat dari jasa atau layanan transkrip adalah orang tunarungu, sebagai bagian dari konsumen informasi. Transkrip membantu mereka untuk memahami pesan yang tidak dapat mereka dengarkan.

Penerima manfaat selanjutnya adalah orang yang secara kognitif lemah sehingga memiliki kesulitan dalam memahami pesan audio dan cenderung memilih bentuk tertulis. Kita tahu bahwa setiap orang memiliki kemampuan belajar berbeda, ada yang cenderung lebih cepat memahami secara visual atau audio-visual. Transkrip memberi keleluasaan bagi mereka untuk membaca dan mencermati pesan tertentu berulang kali.

Belum lagi masih banyak orang yang tidak memiliki koneksi internet cepat sehingga lebih suka membaca informasi daripada menghabiskan waktu mengunduh atau mendengarkan acara radio secara streaming di internet. Nilai kepraktisan setiap orang berbeda menurut kondisi masing-masing.

Satu hal yang tak kalah penting adalah sebuah website yang menyediakan berkas audio dan transkrip audio akan meningkatkan peringkat website tersebut di search engine untuk beberapa kata kunci pilihan. Sebagai praktisi SEO, hal ini sudah terbukti. Dengan menampilkan transkrip dari audio, konten dan kata kunci tertentu menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna. Itu berarti lebih banyak lalu lintas pengunjung dan konten akan terbaca oleh mesin pencari. Hasilnya adalah peringkat website dan usaha menjadi lebih baik sehingga ada lebih besar kemungkinan pelanggan potensial mengetahui tentang jasa transkrip yang ditawarkan.

Sumber gambar: http://image.slidesharecdn.com/