Aplikasi open source untuk bisnis

  • -

Aplikasi open source untuk bisnis

Bisnis memerlukan dukungan aplikasi atau perangkat lunak untuk menjalankan roda transaksi dan pelayanan. Jasa transkrip yang dilakukan oleh TranscriptDOC menyadari peran penting aplikasi sebagai salah satu modal bisnis. TranscriptDOC memerlukan aplikasi yang dapat diandalkan, memiliki banyak fitur, tidak rentan dengan virus, dan harga terjangkau. Dengan pertimbangan tersebut, TranscriptDOC memilih aplikasi open source (sumber terbuka) untuk menjalankan jasa transkrip.

Aplikasi open source tidak menuntut pemakai untuk membeli atau mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu. Paling tidak “pembayaran” bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, misalnya dengan berpartisipasi sebagai tim uji coba aplikasi, membuat tulisan promosi dan ulasan tentang aplikasi tertentu, dan memberi donasi uang sesuai kemampuan tiap pemakai. Beberapa aplikasi open source yang digunakan TranscriptDOC dan beberapa jasa transkrip lainnya yaitu WordPress, Libre Office, sistem operasi Ubuntu atau Fedora dan turunannya, Gimp, Inkscape, Mozilla Thunderbird, Mozilla Firefox, F-spot, VLC media player, Audacity, dll. Ada banyak sekali aplikasi open source yang kadang kita sebagai pemakai tidak menyadarinya.

Aplikasi tersebut jelas bisa diandalkan karena terus diperbarui oleh tim developer dari seluruh dunia. Untuk mengetahui kelemahan dari tiap aplikasi, tim developer mengandalkan laporan dari pemakai. Di sini pentingnya partisipasi pemakai untuk terlibat dalam pengembangan sebuah aplikasi open source. Kerjasama ini sangat menguntungkan terutama bagi entrepreneur yang sedang merintis bisnis atau jasa transkrip. Dengan menggunakan aplikasi open source, pengusaha tidak saja terbantu mengurangi ongkos produksi tetapi juga memperluas jaringan kerja.

Sumber gambar: http://www.moderncourse.com/wp-content/uploads/2015/01/opensourceletters.jpg