Pemasaran jasa transkrip dan terjemahan

  • 0

Pemasaran jasa transkrip dan terjemahan

Bicara mengenai pemasaran suatu produk atau jasa bisa dibilang gampang-gampang susah. Berbagai macam buku, artikel, jurnal sudah banyak membahas subyek ini. Berbagai macam tips singkat dan praktis bisa ditemukan di internet. Namun kesulitan terbesar adalah menerapkan berbagai tips itu sesuai dengan konteks dan tahap suatu bisnis yang sedang dikerjakan. Hal yang sama dialami oleh jasa transkrip, notulasi, dan penerjemahan TranscriptDOC.

Layaknya bisnis yang baru berjalan, pendiri sekaligus manajer menggunakan jaringan pertemanan untuk mempromosikan jasa transkrip. Dimulai dari rekan kerja pasangan, rekan kerja kantor, rekan kuliah, kakak angkatan, dosen, dan mulai menyebar. Itu saja tidak cukup. Agar jasa transkrip dapat terus mengalir secara rutin setiap minggu, maka perlu menarik perhatian khalayak yang lebih luas. TranscriptDOC sejak awal 2011 membuat sebuah laman sederhana di www.transcriptdoc.web.id. Hasilnya? Mulai mengalir berbagai pesanan jasa transkrip.

Namun, sebuah laman juga perlu dipasarkan juga agar banyak orang yang mengetahui atau masuk dalam ranking di mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Untuk itu, laman perlu diperbarui secara rutin, baik itu dua minggu sekali atau sebulan sekali dengan tulisan yang berisi kata kunci sesuai dengan jasa dan produk yang ingin dipromosikan. TranscriptDOC pernah memperkerjakan orang khusus untuk membuat artikel dengan beberapa kata kunci. Sampai akhirnya diputuskan untuk menuliskan sendiri artikel tersebut setiap bulan.

Banyak bisnis yang juga menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, dll. Pengelola bisnis perlu melihat dulu karakter jasa atau produk yang mereka tawarkan, karakter calon klien yang ingin mereka sasar, durasi perbaruan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan media sosial yang akan digunakan. TranscriptDOC memiliki sebuah akun Facebook tetapi terbengkalai karena tidak ada sumber daya untuk mengelolanya. Akhirnya laman ini dihubungkan dengan akun Facebook pribadi manajer agar lebih mudah dioperasikan.

TranscriptDOC juga menggunakan laman toko online untuk memasarkan jasa. Namun, sepertinya cara ini kurang banyak menjangkau calon klien karena kebanyakan orang yang menggunakan toko online mencari produk, kebanyakan produk fashion dan gadget daripada mencari jasa. Usahakan untuk mengecek kembali sumber daya yang tersedia dalam mengelola pemasaran dan kapasitas jasa yang tersedia. ***

 

 

 


Leave a Reply